Selasa, 28 Juni 2016

Berencana Ke Candi Abang ? Yuk, Sewa Motor Untuk Pergi Kesana


Candi abang atau dikenal dengan bukit teletubies jogja merupakan candi yang berada di area perbukitan hijau di jogja. Candi ini berwarna merah karena tertutup gundukan tanah yang membuat bukit menyembul. Lokasinya berada di dewa wisata sleman yang asri. Kalau kamu berlibur ke jogja. Cobalah mampir ke candi ini. untuk menuju lokasi candi mungkin tidak ada angkutan umum. oleh karena itu ada baiknya kamu untuk menggunakan jasa rental motor jogja kalau tidak bawa kendaraan pribadi.
Lokasi candi abang jogja
Candi ini merupakan bagian dari candi candi yang tersebar di jogja. Candi yang berada di daerah kalasan ini merupakan candi hindu. Letaknya tak jauh dari candi ratu boko. Sekilas area candi abang hanya terlihat seperti perbukitan. Candi ini memang terkubur tanah. Puncaknya dan di bukit yang hijau. Candi ini berwarna kemerahan batu bata yang telah bercampur dengan tanah. Alas dari candi ini sendiri 36 x 34 meter. Tingginya belum bisa diperkirakan. Bentuknya berupa piramida dengan sumur di tengahnya. Terdapat tangga masuk yang dibuat dengan batu putih dari gamping atau batuan kapur.
Di lokasi candi terdapat yoni. Penanda inilah yang menunjukkan bahwa candi ini merupakan candi peninggalan hindu. Yoni yang ada di candi ini berupa heksagon atau segi delapan dengan sisinya berukuran 15 cm. di sisi selatan candi ada batu yang menyerupai kodok. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan batu kodok. Belum ada penjelasan terkait mengenai keberadan batu tersebut. Pada bagian puncak bukit ada sumur yang disebut dengan sumur bandung.
Masyarakat setempat mempercayai mitos mengenai candi ini. candi ini dijaga oleh kiayi jagal. Kiayi tersebut merupakan pelindung dari candi ini. kiayi jagal ini bertubuh tinggi besar dan berambut panjang. berdasarkan kepercayaan penduduk pula di candi ini terdapat emas sebesar anak kerbau yang dipercaya ada di dalam bukit. Hingga kini belum ada yang berani membuktikan kebenaran cerita ini.
Candi abang sendiri terletak di dusun sentonorejo desa jogo tirto kecamatan berubah sleman Yogyakarta. Lokasinya tepatnya dibelakang perkampungan penduduk. Bahkan kalau menuju ke bukit ini dari bawah lewat tanjakan batu kapur kamu akan parkir di rumah warga dan lewat belakang rumah warga. Untuk menuju lokasi candi ini, kamu bisa menggunakan jasa sewa motor jogja. Lebih mudah menggunakan motor untuk mencapai lokasi candi. Rute yang kamu tempuh bisa melalui jalan jogja solo hingga ke prambanan. Setelah sampai prambanan kamu cari jalan jogja piyungan km 8. Jalan ini dari lampu merah prambanan belok kanan. Nah disana ada petunjuk arah kanan atau barat bertuliskan candi abang dan gua sentana. Candi ini sendiri lokasinya ada di puncak bukit di pinggir jalan desa sekitar 1,5 kilometer dari jalan raya jogja piyungan. Nah untuk menuju lokasi jalan desanya sudah bagus, tapi ketika hendak ke puncak jalannya gak sulit sehingga hanya motor yang bisa menempuhnya.
Sewa motor jogja menuju candi abang
Kalau kamu dari luar kota atau tidak memiliki kendaraan pribadi tidak usah khawatir jika ingin mengunjungi candi abang. Kamu bisa menggunakan jasa rental motor jogja yang terpercaya. Kami merekomendasikan untuk menggunakan jasa rental di http://wickedpalate.com. kamu bisa melihat lihat jenis motor, daftar harga dan mendapatkan informasi wisata yang menarik di jogja. Yuk piknik dengan sewa motor.
 candi abang merupakan salah satu candi hindu yang berada di kawasan kalasan. Lokasinya berada di desa wisata. Untuk menuju lokasi bisa menggunakan rental motor dari wickedplate.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar